Senin, 24 Februari 2014

SUNGAI KAHAYAN PALANGKA RAYA



Pesona sungai kahayan
Sungai kahayan adalah suangai terpanjang di kalimantan tengah, dan merupakan salah satu objek wisata air di palangka raya yang perpotensi unuk berkembang bila dikelola dengan baik. Siapa yang taktahu sungai kahayan ini, semua orang yang pernah datang ke kalimantan tengah khususnya ke kota cantik kepalangka raya pasti tahu dimana sungai kahayan itu.
Kahayan dengan cerita legenda dan keindahana semakin dikenal oleh orang-orang di luar kalimantan, kahayan yang konon menyimpan berjuta misteri seperti ada beberapa tokoh yang menceritakan tentang sungai ini dengan latar belakang misteri. Tetapi sesungguhnya sungai kahayan itu adalah sungai yang sangat indah, cantik, dan begitu mempesona.
Sungai kahayan ini bisa untuk memanjakan mata dan bersantai bisa mencoba kapal susur sungai yang dikelola oleh suasta, siapa saja yang pernah merasakan susur sungai kahaya pasti akan merasakan pengalaman yang menarik dan ada rasa ingin kembali lagi.
Konon menurut kepercayaan setempat bahwa siapa saja yang pernah minum air dari sungai kahayan maka dia akan ingin kembali lagi kelimantan, dan ingin menetap di kalimantan ini. Bagai mana tidak akan kembali lagi karena kalimantan memang indah dan kotanya yanng cantik yang akan memikat siapa saja yang pernah berkunjung kepalangka raya.
Jembatan kahayan yang menjadi tempat bagi muda mudi untuk memadu kasih, dan sebagai tempat untuk bersantai di sorehari yang nyaman. Bahkan jikalu perut terasa lapar kita tak usah suasah-susah untuk mencari sesuatu yang akan di makan, cukup eberapa rupiah perut sudah kenyang. Karena ada berapa penjual makanan ringan dan makanan berat di sekitar bawah jembatan ini.
Tapi sayangnya pemerintah tidak nampak berperan untuk mengelola sungai kahayan ini, jadi nampak dibiarkan saja yang menjadi kurang terawat dengan baik. Padahal suangai ini sayang merupakan urat nadi dari perekonomian, dan trasportasi bagi suku-suku dayak yang ada di sekitaran sungai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk pemesanan dan komentar/saran tulis di sini