Kamis, 14 November 2013

DIMANA SEMANGAT PEMUDA YANG DULU

DIMANA SEMANGAT PEMUDA YANG DULU
Berikan aku 10 pemuda, maka aku akan menguncang dunia...(Presisen RI pertama Soekarno). Dari kakta-kata itu sudah jelas bahwa para pemuda pada masa itu sangat berperan penting didalam kemerdekaan Repuplik Indonesia, untuk merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Begitu luar biasanya para pemuda pada masa itu semangat yang begitu tinggi, kepedulian yang begitu besar, rasa kebersamaan yang begitu luas, dan saling menghormati walaupun mereka berbeda yang begitu luar biasa.
Kemerdekaan Republik Indonesia ini munkin tidak akan pernah terjadi apabila, para pemuda dan pemudinya tidak memiliki semangat yang tinggi untuk kemerdekaan Rebublik Indonesia, tidak ada kepedulian terhadap Bangsa ini yang telah lama di jajah oleh Bangsa Asing, tidak ada lagi rasa kebersamaan diantara mereka karena lebih mementingkan diri sendiri, dan tidak ada lagi rasa saling menghorati antara Suku yang satu dengan yang lain, dan salaing menghormati antara Agama yang satu dan Agama yang alin. Maka tanpa adanya pemuda dan pemudi kemerdekaan itu hanya semu, hanya ada didalam benak saja, dan tidak akan terwujudkan dalam keyataan.
Begitulah pemuda dan pemudi pada masa itu yang begitu luar biasanya mereka terhadap Bangsa dan Negara mereka atas pengabdian, pengorbanan, dan kepedulian mereka semua. Tetapi bagai manakah dengan pemuda dan pemudi pada masa sekarang semuanya sudah memudar tidak adalagi yang namanya rasa semangat untuk belajar untuk bangsanya, tidak adalagi kepedulian denga fenomena yang ada
dan berkembang yang perlu dipecahankan permasalahannya oleh para pemuda dan pemudinya, rasa kebersamaan yang tidak nampak lagi hal ini di tunjukan dengan adanya tawuran antar pelajar dan pelajar lainya, antar mahasiswa dengan mahasiswa lainya, banyaknya angota Genk Motor yang anggotnaya terdiri dari para pelajar dan mahasiswa, dan tidak adalagi rasa saling menghotmati yang dicerminkan dengan adanya konflik-konflik antar suku salah satunya konflik antar suku di kalimantan yang terjadi sekitar pada tahun 2002 yang lalu dan banyak korban meninggal dunia akibat dari konflik yang terjadi itu, dan banyak lagi konflik-konflik yang terjadi ditempat lainya di indonesia.
Sungguh memperihatinkan semua yang terjadi pada masa-masa sekarang ini para pemuda dan pemudinya seperti sedang kehilangan jatidirinya, seperti burung garuda yang kehilangan cakarnya, seperti harimau yang kehilangan gauganya Tampak lemah dan kehilangan kewibawaanya itulah keadaan para pemuda dan pemudi dari bangsa ini.
Bangsa yang begitu Besar, Negara yang begitu luas yang tanahnya terhampar dari Sabang sampai Merauke, yang memiliki berbagai suku-suku disetiap daerahnya juga memiliki Bahasa yang beranekaragam. Namun para pemuda dan pemudinya tak seperti dulu yang begitu luarbiasanya mereka yang dikagumi banyak bangsa-bangsa didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk pemesanan dan komentar/saran tulis di sini