Rabu, 13 Maret 2013

Mencari rupiah di waktu senggang



Mencari rupiah di waktu senggang
Fhoto:ferry.Kegiatan pembuatan boneka danbo

Palangka Raya 9/3,Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya mengisi waktu senggangya dengan membuat boneka danbo (boneka kertas- bung). pembuatan boneka danbo ini di lakukan saat waktu senggang setelah pulang dari perkuliahan.
Menurut rahmad (21) pembuat boneka danbo “pembuatan boneka ini cukup rumit namun bila di kerjakan dengan tekun dan di coba terus-menerus pasti akan mudah” cetusnya. Pembuatan boneka ini pada awalya hanya pesanan teman ke teman saja, namun sekarang sudah cukup banyak dan mulai meluas.
Untuk harga boneka danbo mulai dari harga Rp.10.000 sampai Rp.50.000 tergantung dari tingkat kerumitan pembuatanya dan motif gambarnya.
kegiatan pembuatan boneka danbo ini di tekuniya sejak  epat bulan yang lalu, berawal dari coba-coba menjadi kegiatan rutin untuk menambah uang saku kuliah. Menurutnya kreatif itu bisa menghasilkan rupiah asal di tekuni dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.
Untuk saat ini penjualanya masih terbatas dan hanya melaui media online seperti facebook, twitter, bbm (black berry messenjer) .Pelanggan untuk saat ini sudah merambah ke berbagai kabupaten kota seperti Puruk Cahu, Kasongan, dan Sampit.
Pembuatan boneka kertas ini terinpirasi dari internet dan kemudian ditekuni hingga sekarang ini, untuk pendapatan perharinya dari hasil penjualan boneka danbo ini ia dapat mengantongi seratus ribu rupiah perharinya. Menurutnya pemesanan boneka danbo ini melonjak saat hari-hari special seperti hari valentine, ulang tahun, dan lainya. Ia mengaku sangat kewalahan saat hari-itu karena pesanan melonjak tinggi. Karena pemuatan boneka ini masih menggunakan cara manual seperti kater dan gunting, selain itu ia juga mengerjakanya sendirian hanya terkadang di bantu oleh teman-temanya yang dating berkunjung.fry,vp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk pemesanan dan komentar/saran tulis di sini