Sabtu, 02 Maret 2013

kabar perbatasan indonesia - malaysia

Sedikitnya 50 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuashulu yang berbatasan langsung dengan Batu Lintang di Sarawak Malaysia mengancam pindah kewarganegaraan ke Malaysia. Mereka meminta pindah kewarganegaraan karena merasa daerahnya kurang diperhatikan pemerintah pusat.

Hal itu dikatakan Yusuf, salah seorang warga Kabupaten Kapuashulu kepada SP Senin (20/12).

Dia mengatakan, sebenarnya keinginan warga Kalbar yang tinggal di perbatasan ingin pindah menjadi warga negara Malaysia sudah lama terjadi.  Keinginan untuk menjadi warga negera Malaysia itu karena perhatian pemerintah terhadap wilayah perbatasan sangat minim.

Sarana dan prasarana khususnya infrastruktur yang ada di perbatasan sangat minim. Bahkan hingga saat ini masih banyak daerah yang terisolir dan tidak bisa dilewati melalui darat.

Sementara di Wilayah Sarawak Malaysia semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat sudah terpenuhi. Selain itu kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat jauh lebih tinggi jika dibandingkan antara warga kalbar dengan Malaysia.

Selama ini yang menjadi keprihatinan kita adalah akses ke wilayah Sarawak Malaysia jauh lebih mudah dibandingkan dengan ke ibu kota kabupaten di Kapuashulu. Selain itu kebutuhan pokok masyarakat di perbatasan sebagian besar didatangkan dari Malaysia.

Sebenarnya warga yang tinggal di perbatasan anatara Sarawak dengan Kalbar tidak mengetahui secara pasti masalah batas negera. Sebab mereka  tinggal dalam satu keluarga besar, karena ada warga kalbar yang menikah dengan warga Sarawak demikian juga sebaliknya.

Namun ketika diukur dan diperlihatkan patok batas negara, baru mereka mengetaui bahwa mereka sudah berbeda negara. Mereka sudah dipisahkan oleh batas wilayah atau negara.

Namun yang menjadi perosalan adalah perhatian pemerintah Indonesia terhadap wilayah perbatasan terkesan sangat minim. Seharusnya pemerintah Indonesia dapat memberikan perhatian lebih terhadap wilayah perbatasan.

1 komentar:

  1. HOAX banget....tolong kalo posting jangan asal copas...!!! saya bertugas di Puring Kencana,dan disini adem-adem saja.....jangan buat isu yang tidak-tidak

    BalasHapus

untuk pemesanan dan komentar/saran tulis di sini